Mengenal sosok Imam Nahrawi nahkoda baru Kemenpora

Imam Nahrawi resmi ditunjuk menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia dalam Kabinet Kerja Jokowi JK periode 2014-2019. Sekjen PKB ini masuk sebagai ‘profesional partai’ yang dijanjikan Joko Widodo. Dengan adanya agenda Asian Games 2018 dan berbagai masalah olahraga nasional, apakah Nahrawi mampu mengemban tugas Menpora?

Imam Nahrawi lebih dikenal dengan sepak terjangnya di dunia politik. Ia sudah dua periode menjadi anggota MPR RI secara beruntun. Pengalaman organisasinya cukup matang. Nahrawi pernah berstatus Ketua Umum PMII Jawa Timur dan Ketua Umum DKN Garda Bangsa.

Banyak harapan yang disematkan pada Nahrawi. Misalnya dari E.F Hamidi, Sekjen KONI. Dikatakannya kepada Antara, “Kami berharap menteri Menpora dapat mampu belajar dengan cepat mengenai perkembangan pemuda dan olahraga ke depan. Serta harus cepat bekerja.

Secara tersirat, Imam Nahrawi kurang memiliki pengalaman berarti dalam pembinaan olahraga daerah dan nasional. Oleh karenanya, target Indonesia berprestasi di Asian Games 2018 kala ia menjadi Menpora, dianggap sesuatu yang kurang relevan.

Legenda bulu tangkis, Yayuk Basuki yang sekarang menjadi anggota DPR mengungkapkan kegelisahannya atas penunjukan Nahrawi. Disebutkannya, “Aku no comment deh, pesimis aja. Sepertinya pemimpin kita tidak serius ingin memperbaiki olah raga.”

Tantangan besar bagi Imam Nahrawi tidak hanya datang dari ajang Asian Games semata. Banyak cabang olahraga yang sedang mengalami kemunduran. Jika tidak, prestasi yang stagnan.

Kebijakan yang tepat bisa mengubah pesimisme publik pada sosok Menpora yang baru. Namun jika gagal, suara miring bahwa Nahrawi masuk hanya untuk memenuhi kuota parpol bisa terdengar lantang.

Nama: H. Imam Nahrawi, S.Ag

Tempat/ Tanggal Lahir: Bangkalan, 8 Juli 1973, Jawa Timur

Pendidikan
– SDN Bandung Bangkalan tahun 1980-1986
– SMPN Konang Bangkalan tahun 1986-1989
– MAN Bangkalan tahun 1989-1991
– IAIN Sunan Ampel Surabaya tahun 1998

Mari kita tunggu apakah Menpora yang baru kita ini bisa menjadikan Sepaktakraw yang notabene adalah olahraga asli Indonesia semakin disegani dikancah internasional..Semoga.

Foto: Sidomi

Leave a Reply