Mayjen TNI (Purn) Suwarno: Olahraga Mengangkat Martabat Suatu Bangsa

Rakernas PSTI 2014 – Dalam kesempatan sesi pemaparan materinya, Mayjen TNI (Purn) Suwarno, SIP, MSc, mengatakan bahwa harkat dan martabat suatu bangsa di dunia dapat terangkat atas 3 (tiga) sebab. Tiga hal tersebut menurutnya adalah kekuatan ekonomi, kekuatan angkatan bersenjata, dan prestasi olahraga.

Sebagai contoh negara Tiongkok amat disegani dunia saat ini karena kekuatan ekonominya. Amerika disegani karena kekuatan armada perangnya, dan Argentina diakui dunia atas prestasi talenta-talenta sepak bolanya.

“Untuk masalah ekonomi, bahkan Amerika juga turut berhutang kepada Tiongkok. Soal kekuatan armada perang, kita senang atau tidak, 60% kekuatan perang Amerika saat ini sudah mengelilingi wilayah Indonesia.” paparnya menjelaskan.

Untuk olahraga, diakuinya bahwa Indonesia mengalami masa-masa sulit, terutama pada tahun 1998 dimana kondisi politik Indonesia sedang mengalami masa transisi dari era orde baru ke orde reformasi.

“Di masa itu dan mungkin hingga kini, kami (baca: KONI) juga tahu diri. Tidak mungkin prestasi olahraga kita maju dengan kondisi politik seperti itu. Mana mungkin kita bicara juara sedangkan kedelai, garam, gula saja kita masih banyak bergantung dengan negara lain hingga kini”, ungkapnya lagi.

Namun demikian, mantan Komandan Paspampres ini optimis bahwa Indonesia akan kembali berjaya di bidang olahraga. Mengingat salah satu fungsi olahraga menurutnya bisa mengangkat martabat bangsa Indonesia seperti beberapa dekade sebelumnya.

“Dengan segala keterbatasan yang ada, saya berharap semua tetap tertantang untuk berprestasi. Karena semua bergantung pada man behind the gun,” katanya seraya menutup pemaparannya./** (TG)

PROFIL MAYJEN TNI (PURN) SUWARNO

NAMA : SUWARNO, S.IP., M.Sc.
PANGKAT : MAYOR JENDERAL TNI (PURN)
JABATAN : WAKIL I KETUM KONI PUSAT & KASATLAK PRIMA

RIWAYAT JABATAN:

DANYON KAV 5/SERBU DAM II/SWJ
DANDIM 1632/AILU REM 164/WD DAM IX/UDY
DANREM 072/PAMUNGKAS DAM IV/DIP
DANPUSSENKAV
DANPASPAMPRES
PANGDAM V/BRW
KABADIKLAT KEMHAN

PENUGASAN OPERASI:

OPS TIM-TIM TH 1983
PAM SU MPR TH 1984
KONTINGEN GARUDA TH 1989
KONTINGEN GARUDA TH 1994

PENUGASAN LUAR NEGERI:

AUSTRALIA (KKLN MUHIBAH TARUNA) TH 1975
PAKISTAN TH 1986
IRAK TH 1988
BOSNIA HERZEGOVINA TH 1993
NEGARA-NEGARA ASEAN TH 2000
NEGARA-NEGARA ASEAN TH 2011
PERANCIS TH 2006
LEBANON, AUSTRALIA & USA TH 2007
IRAN, SENEGAL, AFSEL & DUBAI TH 2008
CHINA, USA TH 2011
BRAZIL, COLOMBIA, PANAMA, HAITI TH 2012

Leave a Reply